<< July 2012 | Home | September 2012 >>

Yang Tidak Aku Suka dari WordPress

Sejak pengumuman akan ditutupnya fasilitas jejaring sosial dan berbagi konten, termasuk di dalamnya fasilitas blogging di Multiply, para MPers seperti pepatah Jawa Gabah Den Interi. Bingung ke mana menyalurkan keinginan menulisnya. Walaupun terdapat banyak alternatif tempat ngeblog, namun tidak sebagaimana di Multiply. Keunikan di dalamnya sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata kecuali yang mengalami sendiri. Bagi sebagian orang, Multiply bukan lagi sebagai dunia maya melainkan dunia nyata kedua. Perkawinan antara jejaring sosial dan media berbagi konten, diracik dengan sangat rapi. Fasilitas Inbox yang interaktif menjadikannya unik dan berbeda dengan situs lain.

Situs atau media lain sebagai pengganti Multiply banyak ditawarkan oleh para MPers di berbagai tempat diskusi. Ada yang bagus di jejaring sosialnya, namun kurang nyaman di media berbagi konten baik tulisan (blog) maupun konten lain. Ada yang nyaman di berbagi konten, namun jejaring sosialnya kurang nyaman. Diantara pilihan yang ditawarkan teman-teman MPers adalah Tumblr, WordPress, Thoughts, Xanga dan Blogger (Blogspot). Kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

WordPress merupakan tempat ngeblog favorit bagi banyak orang. Salah satu yang membuatnya menjadi pilihan adalah fasilitas admin yang mudah digunakan dan User Friendly serta tema yang melimpah. Bagi yang memiliki tempat hosting sendiri dapat mengunduh dan menginstallnya secara gratis cukup dengan menyediakan Apache Web Server, PHP dan basis data MySQL, sedangkan yang tidak memiliki hosting sendiri dapat menitipkan hostingnya di WordPress dan memiliki sub domain dengan format xxxx.wordpress.com.

Kembali ke laptooop... eh. MPers yang memiliki jumlah posting melimpah dan tidak ingin repost di tempat yang baru, kebanyakan memilih menggunakan WordPress dengan pertimbangan memiliki fasilitas Import. Fasilitas ini yang tidak belum saya temukan di tempat lain. Walaupun maksimal file yang dapat diimport adalah 15MB, namun dapat diakali dengan memecah menjadi beberapa bagian bagi yang memiliki file backup lebih dari 15MB, seperti yang dilakukan pak Syamsul yang memiliki file backup lebih dari 60MB.

Kembali ke judul postingan ini. Apa yang membuat saya tidak menyukai WordPress?

Pertama, fitur pertemanan. Teman MPers yang terbiasa dengan fitur pertemanan di multiply harus dengan rela melakukan dengan manual. Maksudnya, jika di multiply update terbaru dari teman (contact) secara otomatis tampil di Inbox, begitu pun sebaliknya. Namun di wordpress seperti fasilitas RSS Reader lainnya, perlu mendaftarkan secara manual blog yang akan diikuti (dengan meng-klik follow) agar dapat tampil di Reader kita. Teman yang ingin mendapatkan update terbaru kita juga harus melakukan hal serupa secara manual. Jadi, orang yang mem-follow kita belum tentu kita juga mem-follownya. Lebih mirip dengan Twitter. Berbeda dengan multiply yang otomatis ada jalur 2 arah bagi setiap contact.

Kedua, ini yang biasanya tidak disukai siapa saja, yaitu dibatasi.

Seperti terpampang di gambar tersebut bahwa maksimal kapasitas yang diijinkan adalah sekitar 3GB. Bagi yang sering memposting gambar terutama dengan resolusi tinggi, apalagi file atau media lain, tentu 3 giga ini hitung mundurnya semakin cepat. Berbeda dengan yang memposting tulisan saja. Kapasitas ini bisa bertahan beberapa tahun. Saat hari itu tiba, Anda punya dua pilihan, berhenti posting atau membayar sekian dolar untuk menambah kapasitas. Pilihan ketiga ada yaitu dengan membackup kemudian mentransfer ke tempat lain. Namun ukuran 3 giga tidak kecil untuk sebuah file backup. Perlu bandwidth besar dan waktu beberapa hari untuk melakukannya.

Walaupun begitu, dengan segala kelebihan dan kekurangannya WordPress tetap menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan

Categories : Teknologi

Export this post as PDF document  Export this post to PDF document

Related Posts
Secangkir Kopi di Kota Semarang
Implementasi Single Sign On dengan JOSSO
[Tips dan Trik Blogspot] Memfollow Blog Selain Blogspot
[Tips dan Trik WordPress] - Memfollow Blog Selain WordPress


Social Bookmarks :  Add this post to Slashdot    Add this post to Digg    Add this post to Reddit    Add this post to Delicious    Add this post to Stumble it    Add this post to Google    Add this post to Technorati    Add this post to Bloglines    Add this post to Facebook    Add this post to Furl    Add this post to Windows Live    Add this post to Yahoo!

Doa Ziarah Kubur

Hendaknya yang dilakukan ketika ziarah kubur adalah memberi salam kepada penghuninya dan mendoakan kebaikan pada mereka.

Do’a ketika ziarah kubur sesuai ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah,

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ (وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ) وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ، أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, (semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan). Kami insya Allah akan bergabung bersama kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR. Muslim no. 975)

 

Tags : ,
Categories : Islam

Export this post as PDF document  Export this post to PDF document

Related Posts
Jangan Tertipu dengan Harta Mereka yang Melimpah
Saling Menasehati
Deportasi Orang Ganteng Dalam Syariat Islam
Mencintai dengan Hati
[Fakta Ilmiah] Alasan Rasulullah Sangat Sayang Terhadap Kucing


Social Bookmarks :  Add this post to Slashdot    Add this post to Digg    Add this post to Reddit    Add this post to Delicious    Add this post to Stumble it    Add this post to Google    Add this post to Technorati    Add this post to Bloglines    Add this post to Facebook    Add this post to Furl    Add this post to Windows Live    Add this post to Yahoo!